Translate

Senin, 17 Juni 2013

Puting Beliung Terjang Aceh

SENKOM  ACEH – Sedikitnya enam unit rumah warga rusak parah diterjang angin puting beliung di sejumlah desa di Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, Minggu (16/6/2013) sore kemarin.

Pantauan Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri dari Banda Aceh menyebutkan, meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

“Laporan dari personil di lapangan menyebutkan terjangan angin puting beliung merusak rumah warga atas nama Zakaria, di desa Bahagia Bersama, kecamatan Bandar, kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, atap rumah diterbangkan angin,” tulis Aceh 08.01 melalui milis Senkom.

Menurut Ketua Senkom dari lokal 08, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh, Pance Fauzan, kejadian yang berlangsung Senin (17/6/2013), pukul 07.23 WIB pagi tadi merupakan bencana susulan setelah Minggu sore, sehari sebelumnya memporak-porandakan sejumlah rumah warga.

Pelaksana tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simeulue Alwi Alhas dari Banda Aceh mengatakan, sebagian besar rumah warga yang rusak itu, akibat tertimpa pohon yang tumbang. Lokasi kejadian  berjarak sekitar 100 mil laut pesisir pantai barat Aceh.

Selain merusak rumah warga, terjangan angin puting beliung yang disertai hujan lebat pada Ahad (16/6/2013), yang terjadi sekitar pukul 18.30 WIB itu, juga menumbangkan 14 tiang listrik milik PT PLN Cabang Meulaboh.Kerugian ditaksir mencapai Rp 500 juta lebih.

"Tumbangnya 14 tiang itu mengakibatkan jaringan listrik untuk Kabupaten Aceh Barat dan Aceh Jaya terpaksa dilakukan pemadaman selama tiga jam," kata Kepala PT PLN Cabang Meulaboh, Abdullah di Meulaboh sebagaimana dikutip dari city seruu.com.
(rill/Sulsel 3A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar