Translate

Selasa, 25 Juni 2013

Warga Resah Ribuan Hektar Hutan Riau Terbakar Macan Tutul Berkeliaran

SENKOM RIAU Kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau yang terjadi sejak sepekan terakhir ini, telah melalap  areal seluas 3.700 hektar. Berdasarkan pantauan Senkom Mitra Polri Provinsi Riau, kebakaran hutan tersebut bermula pada hari Kamis (20/6/2013) lalu.

Kabut asap 'menghalangi pandangan'
Kebakaran terjadi pertama kali di lahan perkemahan Pramuka, tidak jauh dari kantor Walikota Perwira, Kelurahan Tanjung Palas RT.12. Demikian laporan Senkom Mitra Polri melalui milis berita yang dikutip Info Senkom. Di hari pertama terjadinya kebakaran tersebut, api berhasil menjalari lahan seluas 60 Ha, memaksa 20 Kepala Keluarga yang bermukim di kelurahan Mekar Sari Km.21 dan Kampung Sejati Km.9 terpaksan harus diungsikan menjauhi titik api.  

Pakar lingkungan dari Universitas Riau, Prof Adnan Kasri, sebagaimana dikutip dari Suara Merdeka menyatakan, asap tebal sebagai dampak dari kebakaran lahan gambut kali ini merupakan yang paling parah sepanjang sejarah. Kebakaran berskala besar di provinsi Riau kali ini bukan yang pertama terjadi. Tahun 1997-1998 lalu, kebakaran hebat juga pernah terjadi dan sekitar 10 juta hektar lahan rusak akibat kebakaran tersebut.

Tahun 2002 dan 2005, kebakaran hutan dan lahan kembali melanda Riau, juga dengan skala yang cukup besar. Kebakaran yang diakibatkan oleh konversi hutan di lahan gambut itu kembali memusnahkan ribuan hektar lahan hutan.

Dampak penting dari kebakaran hutan dan lahan sangat dirasakan terutama oleh  masyarakat yang menggantungkan hidupnya kepada hutan,demikian pula dengan satwa liar seperti gajah, harimau dan orang utan yang pasti kehilangan habitat akibat dari kebakaran ini.

Dilaporkan, saat ini warga resah dengan makin banyaknya macan tutul berkeliaran memasuki pemukiman warga, “Seekor macan tutul tertangkap, karena masuk rumah warga setelah kakinya terbakar di lokasi kebakaran lahan daerah Lubuk Gaung, Nerbit Besar,” Lapor Muji Yanto,Wakil Ketua Senkom Mitra Polri Riau.

Personil Senkom yang akrab disapa Simbah Dumai dengan call sign Riau 2.03 ini menyatakan Senkom Riau terjun langsung ke titik lokasi kebakaran bersama tim gabungan dari BPBD,TNI dan Polri untuk mengatasi kebakaran.
(rill/Sulsel 3A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar