Translate

Sabtu, 11 Mei 2013

Tiga Hari Hujan Sungai Bontang Meluap


SENKOM,BONTANG-Hujan yang berlangsung selama tiga hari-tiga malam, sejak Kamis (9/5/2013) lalu, menyebabkan sungai di beberapa wilayah kota Bontang, Kalimantan Timur meluap.

banjir di kota Bontang
Kaltim 7 B, demikian callsign dari M.Yunus, anggota Senkom Mitra Polri dari kota Bontang melaporkan, banjir yang melanda beberapa wilayah di Bontang merupakan dampak kiriman air dari dua daerah tetangga Bontang, yaitu Kutai Timur dan Kutai Kartanegara dengan banyaknya perusahaan tambang batu bara di sana.

“Kami bersama seluruh jajaran, malam tadi melakukan patroli dan pemantauan di sepanjang sungai yang meluap akibat hujan deras yang mengguyur selama tiga hari lalu,” lapor M.Yunus melalui gateway Senkom, Minggu (12/5/2013) pagi.

Musibah banjir yang mengancam beberapa wilayah di Bontang, rupanya mendapat perhatian serius dari Pemprov Kaltim, yang menggelontorkan anggaran sebesar Rp 5 miliar, khusus untuk penanganan banjir.
Meskipun sungai yang meluap itu berada di wilayah Bontang, namun pemerintah kota Bontang berharap, penyelesaian masalah banjir tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Bontang, melainkan perusahaan, Pemerintah kabupaten Kutai Timur dan Pemerintah kabupaten Kukar.


KTM 7B dan SULSEL 3A
“Iya, mestinya begitu sebab meskipun Bontang tidak hujan, tetapi kalau di daerah tambang batu bara hujan, maka air sungai di Bontang pasti meluap dan airnya menggenangi pemukiman warga di dua kelurahan. Yaitu Kelurahan Guntung dan Kelurahan Gunung Telihan,” kata Suwarno, Katim 2B, wakil ketua Senkom Mitra Polri provinsi Kalimantan Timur.

Sebagai upaya mengantisipasi banjir, saat ini pemerintah setempat telah menyediakan sebuah waduk  di Gunung Telihan, hanya saja sarana tersebut belum berfungsi maksimal. Sehingga upaya normalisasi sungai merupakan solusi lain yang nampaknya harus segera dilakukan menyusul terjadinya pendangkalan sungai.

Selain Kelurahan Gunung Telihan, beberapa wilayah lainnya yang merupakan daerah rawan banjir, di antaranya kelurahan Belimbing, dan Kelurahan Kanaan, namun untuk Kanaan hanya akan terendam banjir jika volume hujan cukup tinggi bersamaan dengan pasangnya air laut.

(Sulsel 3A, sumber gateway Senkom dan berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar